Informasi Haji Umrah dari Sumber Terpercaya


Kemenag Akan Mengoptimalkan BIJB Untuk Penerbangan Haji Dan Umrah

Majalengka (PHU) --- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat. Ajam Mustajam ikut serta dalam peninjauan kesiapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Rabu (18/10/2023), untuk operasional penerbangan komersil domestik dan internasional menggantikan Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Dengan menggunakan Bus Damri, Kakanwil bersama Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, serta Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, berangkat dari Bandara Husein Sastranegara Bandung menuju BIJB Kertajati menggunakan akses jalan Tol Cisumdawu. Menurut rencana peralihan operasional penerbangan komersil ini akan dimulai pada 29 Oktober 2023.

Menanggapi operasionalisasi BIJB untuk penerbangan komersil baik domestik maupun internasional, Kakanwil menyatakan bahwa Kemenag akan mengoptimalkan BIJB untuk Penerbangan Haji dan Umrah.

Ia menambahkan, sebagaimana yang telah dilaksanakan pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1444 H/ 2023 M, pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji telah dimulai menggunakan BIJB Kertajati, walaupun masih jemaah haji yang berasal dari Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Subang dan Sumedang.

“Tahun mendatang, kecuali untuk wilayah Bogor, Bekasi dan Depok, seluruh proses pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji di Jawa Barat dilaksanakan di BIJB Kertajati,” demikian ungkapnya.

Tidak hanya untuk penerbangan haji, Kakanwil juga akan memberikan imbauan kepada Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang ada di Jawa Barat, untuk melaksanakan penerbangan jemaah umrah di BIJB Kertajati. Hal ini menurutnya agar perputaran roda ekonomi dapat meningkat, baik untuk Kabupaten Majalengka dan sekitarnya, serta Jawa Barat pada umumnya.

Hadir pula pada kegiatan tersebut Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Boy Hary Novian, Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, H. Ohan Burhan, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka, H.Agus Sutisna

Kontributor: Tri Budiono

sumber : www.haji.kemenag.go.id

Oleh Oleh Haji & Umrah

Pengunjung Blog